Muhammad Yuner Law Office



Muhammad Yuner : Korban Kekerasan Anak dan KDRT Berhak mendapat Bantuan Hukum

Sabtu, 21 Oktober 2017 - 22:24:20 WIB



Tanah Datar, PADANGTODAY.com-Selasa (2/12) Bupati Tanah Datar melantik dan mengukuhkan pengurus pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak (P2TP2A) Luhak Nan Tuo periode 2014-2019, di gedung Dharma Wanita Indo Jalito sekitar pukul 09.00 WIB.

Kepengurusan P2TP2A Tanah Datar ini bertujuan dan bertugas untuk memberikan perlindungan, penangganan, korban kekerasan cepat dan tanpa biaya/gratis juga menyelenggarakan perlindungan dan pemenuhan hak korban atas rehabilitasi kesehatan, rehabilitasi sosial pemulangan, terintegrasi sosial dan bantuan hukum.

“Negara telah menjamin mengenai anak dengan UU 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak dan mengenai korban KDRT dengan UU No. 23 Tahun 2004 tentang KDRT. Maka, jelas bahwa jaminan ini merupakan urusan pemerintah daerah juga termasuk Kabupaten Tanah Datar yang akhir akhir ini bentuk tindakan kriminal anak dan KDRT marak terjadi,” ujar Muhammad Yuner, SH, MH Ketua Bidang Layanan Bantuan Hukum dan Advokasi P2TP2A Kabupaten Tanah Datar.

“Selain upaya pencegahan yang sosialisasi, yang giat dilakukan Pemda Tanah Datar hal yang tak dapat di elakkan lagi dalam kasus Anak dan Perempuan ini adalah, ketika telah terjadi perbuatan melawan hukum yang dialami oleh anak dan perempuan sebagai korbannya. Banyak dari pengalaman yang telah ada para korban enggan untuk melaporkan kejadian ini kepada pihak yang berwajib karena keterbatasan keuangan/materi, pemahaman masyarakat tentang hukum yang terbatas ataupun karena rasa malu untuk melaporkan nya.

Disinilah peran Advokasi bagi para korban, P2TP2A akan memberikan konsultasi, pendampingan mulai tingkat penyidikan, penuntutan, dan pemeriksaan dalam sidang pengadilan dan membantu korban secara lengkap tanpa memikirkan biaya sedikitpun” tambah Yuner.

Ketua P2TP2A kabupaten Tanah Datar Hajjah Mursyidah juga memberikan himbauan kepada masyarakat jika melihat, menemukan, atau mengalami tindakan kekerasan anak dan perempuan untuk segera laporkan ke P2TP2A Tanah Datar jl. MT Haryono No 10 Batu sangkar telp. 0752 73792.

“Kami akan melayani konsultasi, penanganan medis, spiritual, psikologi, terapi dan pelatihan dan yang terpenting pendampingan hukum tanpa di pungut bayaran sepeser pun”, ujar Hajjah yg akrab di panggil Buk Mur.(romeo)

 

Sumber : Padangtoday






NEWS/EVENTS LAINNYA :



KATEGORI
VISITOR
Pengunjung 3322
Hits 13380
User Online 1